Tuesday 8 October 2013

Camping Muda Mudi Lembah Karmel 2013

Sekarang gw mau sharing tentang pengalaman awal mulanya gw bertobat dan tersentuh akan kasih Tuhan Yesus yaitu disaat gw ikut Camping Muda Mudi... Oke pertama-tama gw share bagaimana gw bisa ikut camping padahal camping ini sebenernya di tujukan untuk anak SMP dan SMA, ini bermula saat perkenalan gw sama tante pauline dan gabung dengan komunitas Epifani. Waktu pertama gw kenal tante pauline, gw menceritakan soal kisah hidup gw dan setelah cerita dan saling sharing tante ngusulin gw ikut camping bareng temen-temen Epifani... Emang waktu itu temen gw Andaru(anggota Epifani) udh pernah cerita kalo di akhir juni nanti dia mau retret, naaahhhh kebetulan banget gw lagi nyari2 aktifitas selagi belum kerja lagi, dan sebenernya pada wktu itu ada sesuatu juga yg memotivasi gw buat ikut camping yaitu kisah 3rd Failure gw. Singkat cerita doi ga ikut. Ya sudahlah toh tujuan camping kan buat nyari Tuhan... Singkat cerita ikutlah gw camping.

Dan tibalah hari itu Hari selasa tepatnya tanggal 25 Juni gw berangkat bersama-sama teman-teman Epifani yaitu Andaru,Anin,Arga,Farly,Gandes,Ria,Ronald,di anter tante Pauline naik mobil. Selama perjalanan kita berdoa, nyanyi dan ngobrol banyak. Nahh disitulah pertama kalinya gw tau doa Koronka, singkat cerita akhirnya kita sampai juga di tempat Camping yaitu di Lembah Karmel Cikanyere. Akhirnya sampai juga dan tiba di sana gw dan yg lain check in kamar dan registrasi ulang dan di bagikan nametag, gw bersama yg cowo2 dapet kamar di wisma Ignatius, sedangkan yang cewe-cewe dapet di wisma Filipus. Lalu lekaslah gw bersama yg cowo-cowo pergi cari kamar dan ternyata Ronald terpisah sendiri, saat itu ronald bingung mau pergi ninggalin kamar buat jalan-jalan tapi teman kamarnya belum datang. Jadi gw dan yg lain nunggu di kamar gw bersama ronald jg, dan akhirnya teman 1 kamar Ronald dateng juga, dan ternyata teman 1 kamar Ronald juga dari paroki yang sama yaitu St.Bartolomeus, dan disinilah gw pertama kali bertemu temen gw yg gw anggap sebgai adik(dede) yaitu aldrich dan juga temannya namanya Joshua. Setelah berbincang dan jalan-jalan tiba juga saatnya kumpul untuk misa pembukaan Camping Muda Mudi 2013 yang bertemakan Mari Datang & Lihatlah oleh Romo Yohanes, setelah misa kita makan malam, setelah itu dilanjutkan Fellowship dan pembagian kelompok camping yang diadakan di aula St.Paulus, nahh di nametag gw dapet kelompok 6, disitu gw disuruh berkenalan dengan teman 1 kelompok tapi gw masih malu2 dan gw hanya berkenalan dengan seorang cewe dalam 1 kelompok gw karena dia tepat di belakang gw yaitu Vina(My 4th Failure) dia orang pertama yang gw kenal di camping. Disana kita semua dalam satu aula nyanyi-nyanyi memuji Tuhan dan pembagian pembina kelompok dan kelompok gw dibina oleh frater. Setelah perkenalan kelompok, kita semua dibawa menuju kapel untuk Adorasi, di adorasi pertama ini gw merasakan ketenangan dan kenyamanan yg belum pernah gw rasakan selama gw hidup menggereja. Tp pada adorasi pertama ini gw belum banyak merasakan apa-apa, setelah adorasi gw bersama temen2 satu kamar pun bergegas ke kamar untuk tidur. Sebelum tidur kita ngobrol2 dulu.

Masuk Hari ke 2 , pada hari ini diawali dengan doa Yesus, dan inilah pertama kalinya gw kenal doa Yesus, setelah doa Yesus, Kita semua pun makan pagi, setelah makan pagi kita semua dibawa lagi ke aula St. Paulus dan disinilah untuk ke 2 kalinya Fellowship, nahh disini ada games-games untuk kelompok dan disini juga saat penentuan ketua kelompok, sialnya gw, gw dijadiin ketua kelompok dan karena alesan yg ga bisa di ganggu gugat yaitu gw paling tua di kelompok gw -__- , tp gpp gw terima, yah sekali-kali lahh gw jadi ketua buat melatih mental gw , nah tiba saatnya games dan disinilah pertama kali kita kelompok 6 membentuk kekompakan, dan kita seru2an bersama sambil games dan gw mulai mengenal anggota2 lainnya dalam kelompok gw dan saat itu di umumkan bahwa setiap kelompok harus buat Yelyel sendiri dan nanti yelyel tersebut di nilai dan gw pun minta no hp temen satu kelompok dan belum semua tercatat mereka sudah pergi untuk makan siang dan yg gw dpt cuma Vina, nah lagi-lagi Vina lagi, dan tiba saatnya makan siang dan kita pun makan, setelah itu ada waktu bebas dan disitu pertama kalinya gw menghubungi Vina lewat sms, gw minta tolong supaya dia mengkoordinir anggota yang cewe dan diapun mau, dia anaknya baik makanya gw percayain ke dia dan gw smsan sama dia untuk membentuk lirik yelyel, gw diskusi bersama dia dan akhirnya ketemu liriknya, pada saat itu juga wisma Ignatius heboh karena kelakukan temen gw Ronald yang ngebuka keran air panas lupa di matiin dan membuat wisma Ignatius jadi banjir. Nahh disinilah pertama kali terjalin perteman di wisma Ignatius, dan tiba sore hari kita berdoa lagi di dalam kapel,dan ada beberapa pengarahan di aula St.Paulus dan setelah itu tiba malam hari dan kita semua pun makan malam setelah makan malam kita dibawa lagi ke kapel untuk adorasi, di adorasi ke 2 ini gw udah mulai merasakan hati gw tersentuh oleh kasih Tuhan... Perasaan gw menjadi tenang dan hampir menangis. Saat itu gw belum bisa menangis karena gw tahan, karena tengsin sama orang-orang hehe , setelah adorasi gw bersama yang cowo-cowo satu kamar balik ke kamar, dan di hari ke 2 ini wisma Ignatius udh mulai brisik dan gw pun ikut kumpul dan berkenalan dengan teman-teman wisma ignatius lainnya, kita seru-seruan bersama sampe kurang lebih jam setengah 2 baru tidur, dan akhirnya kita tidur.

Masuk Hari ke 3, diawali dengan olah raga dan misa pagi, setelah misa pagi kita semua sarapan pagi dan dilanjutkan pengakuan dosa, doa Rosario dan konseling, dan gw dapet pengakuan dosa paling terakhir karena kelamaan konseling , dan ternyata ketika gw liat hp ada sms dari Vina katanya dia udah kumpul bersama teman-teman kelompok 6 buat latihan yelyel... Gw jadi ga enak gw ketua tapi malah ilang-ilangan wkwkwkwk, tapi untungnya Vina yang udh gw percayain buat koordinir menjalankan tugasnya dengan baik dan akhirnya kita latihan, dan gw di suruh pergain gaya yelyelnya wkwkwkwk dan itu pertama kalinya gw jadi peraga karena gw orangnya pemalu jadi ancur2an wkwkwk, setelah latihan kita semua pergi ke wisma masing-masing untuk mandi dan kembali lagi ke aula untuk pengarahan tentang Pencurahan Roh kudus, setelah pengarahan kita di bawa ke kapel dan berdoa yaitu doa Lectio Divina yaitu membaca alkitab dengan merenungkan perikop alkitab yang kita pilih dan setelah doa selesai tibalah Pencurahan Roh Kudus di kapel, disini hati gw makin tersentuh lagi dan gw nangis lagi, dan saat di doakan pencurahan Roh kudus gw merasakan kepela gw seperti di puter-puter tapi gw ga resting... Gw pikir itu fraternya yang puter-puterin kepala gw ternyata itu efek dari jamahan Tuhan. Sampai akhirnya selesai juga pencurahan Roh Kudus, dan di sediakan waktu untuk sharing kesaksian apa yg terjadi saat Doa Pencurahan Roh Kudus, dan temen satu komunitas gw Ria dan Andaru maju untuk kesaksian dan temen gw Andaru dapet Karunia Bahasa Roh, jadi pengen gw dapet Karunia bahasa Roh , dan tibalah saatnya tidur, sebelum tidur biasalah anak-anak wisma Ignatius rusuh sampe di di omelin frater wkwkwk dan akhirnya kita tidur.

Masuk hari ke 4 , diawali dengan olah Raga pagi yang di pimpin oleh kakak-kakak panitia (padahal mah banyak yang seumuran wkwkwk), setelah olah raga langsung kita semua ziarah alam, nahh saat inilah paling seru karena kita satu kelompok jalan-jalan mengitari Lembah Karmel dan ada beberapa games yang membuat kita semua satu kelompok jadi akrab dan kompak, dan disinilah Yelyel kelompok di tampilkan hahaha sungguh yelyel yang aneh wkwkwkwk karena gw ga mahir koreografi jadinya aneh wkwkwk, udah gitu di rekam lagi. Nah ketika games udah mau selesai temen satu kelompok 6 ada yang sakit namanya Valent dan adiknua pun juga ikut sakit namanya Kevin, katanya asmanya kambuh jadi untuk games terakhir kita kehilangan 2 temen, saat games pun Vina sakit katanya pusing tp gw malah maksa dia ikut dan dia pun ikut karena personil kurang. Jadi merasa bersalah gw ketika tau dia punya darah rendah. Selesai ziarah alam kita semua istirahat dan sorenya ada pengarahan lagi, setelah itu sesi selanjutnya adalah prosesi lilin dan perarakan Bunda Maria sekaligus misa, sesi ini juga ga kalah seru karena kita ajak rosario sambil berjalan ke goa Maria memutari karmel tapi masih di dalam karmel, dan setelah selesai semuanya kembali ke wisma masing-masing dan tidur, dan kebiasaan Ignatius sebelum tidur yaitu ngerusuh dulu Hahaha.

Masuk hari ke 5, di awali dengan olah raga dan doa Yesus, setelah doa Yesus kita semua makan pagi dan dilanjutkan dengan doa penyembuhan luka batin di kapel, disinilah gw nangis dan pertama kalinya gw nangis karena tersentuh dan jamahan Tuhan Yesus benar-benar gw rasakan, karena semua luka batin gw bener-bener keluar dan temen satu wisma ngasih gw tissue dan ternyata bukan gw aja yg nangis teman-teman lain di wisma Igantius pun nangis semua, dan disitu disediakan orang-orang yg menggambarkan sosok orang yang membuat luka batin, gw pun menuju 2 orang yg menggambarkan orang tua gw, dan mereka membasuh kaki gw dan gw pun juga membasuh kaki mereka, setelah itu gw dan teman-teman satu komunitas Epifani saling basuh kaki dan minta maaf untuk kesalahan yang pernah dibuat, dan disitulah gw pertama kali di peluk sama cewe, dan tiba-tiba ketika gw saling basuh dengan anak Epifani ada 2 cewe lagi yang melihat gw dan nyamperin gw, dan mungkin karena gw cocok sebagai figure orang yg membuat mereka luka batin dan dia meminta gw saling basuh kaki dan gw melayaninya... Hahaha sekalinya di peluk cewe langsung dipeluk beberapa cewe. setelah doa penyembuhan luka batin ada waktu bebas dan gw manfaatin buat tidur, setelah itu snack dan dilanjutkan Perkenalan KTM di kapel. Setelah itu dilanjutkan makan malam dan fellowship terakhir kalinya, fellowship terakhir ini bener-bener asyik karena semua kelompok seru-seruan bersama sampai-sampai gw yg biasanya ga suka maju buat seruan sampe ikut maju karena benar-benar rame yang maju apalagi dari wisma ignatius maju semua dan disana kita muter lari-larian bersama di aula karena menikmati kebersamaan, hahaha serasa jadi bocah lagi. Setelah itu masuklah ke puncak acara yaitu Api unggun nah di kita semua seru-seruan lagi dari kelompok,komunitas gw dan anak-anak wisma ignatius seru-seruan lagi dan nyanyi-nyanyi.. Dan di puncak acara ini diumumkan pemenang Yelyel dan Games saat ziarah alam. Dan ternyata yg menang yelyel juara pertama adalah kelompoknya Gandes temen satu komunitas gw, dan yang games kelompoknya ronald dapet juara 2 , dan berakhirlah acara Camping muda mudi 2013 , kita semua dari kelompok,anak-anak wisma ignatius,dan semuanya masih pengen lanjut lagi karena suasannya benar-benar asik.. Dan disini kita semua tuker-tukeran no hp, Facebook,Twitter dan kita ngobrol-ngobrol sampe malem kurang lebih jam 2 pagi.

Masuk Hari terakhir, disini gw siap-siap packing buat balik, dan sebelum balik diadakan misa penutupan Camping muda mudi 2013 yang di pimpin Romo Yohanes, dan berakhirlah camping muda mudi 2013, gw bersama kelompok 6 sempet-sempetin waktu buat Foto bareng dulu sebelum pulang ke rumah masing-masing, dan gw juga foto-foto bersama teman-teman Ignatius. Dan foto juga sama teman-teman komunitas, dan kita semua pulang ke rumah masing-masing. Inilah sharing tentang Retret perdana gw di Lembah Karmel. dan sekarang gw jadi rajin banget pergi ke Lembah Karmel karena gw kangen terus sama suasana Lembah Karmel yang begitu indah,tenang,damai, yang pasti tempat bertemu dengan Tuhan Yesus yang Maha Baik dan Penyayang.

Kumpulan Foto-Foto Saat Camping Muda Mudi Lembah Karmel 2013

Foto-foto ketika sampai di karmel